Petunjuk Baru Silsilah Ahmad Khatib Sambas: Tiga Teks Tulisan Melayu
DOI:
https://doi.org/10.31291/jlk.v13i2.238Keywords:
Khatib Sambas, Fath al-‘Arifin, silsilah, adab muridAbstract
Tulisan ini mengungkap petunjuk baru tentang silisilah Ahmad Khatib Sambas di dalam tarekat, khususnya, Naqsyabandiyah. Setiap pengikut tarekat meyakini bahwa ritual yang mereka amalkan berasal dari guru-guru terdahulu yang diterima sedemikian rupa dan terhubung sampai kepada Nabi. Kejelasan silsilah tersebut menjadi fondasi terbentuknya sebuah tarekat. Melalui penelusuran terhadap beberapa manuskrip Fath al-‘Arifin (FA) menunjukkan bahwa Khatib Sambas adalah mursyid dan memiliki silsilah melalui Tarekat Qadiriyah maupun Naqsyabandiyah. Informasi tersebut diperoleh dari manuskrip FA yang ditemukan di Jambi. Penulisnya adalah ‘Abd al-Wahid Palembang, khalifah Khatib Sambas. Namanya memang tidak dikenal di kalangan pengikut tarekat. Padahal karyanya memiliki informasi yang lebih lengkap tentang silsilah gurunya dan beberapa ajaran tarekat yang tidak ditemukan di dalam manuskrip FA lainnya.
Kata kunci: Khatib Sambas, Fath al-‘Arifin, silsilah, adab murid.
Â
Each sufi order (tarekat) follower believes that rituals they performing tightly is coming from the previous teachers that connects to Nabi Muhammad PBUH. The clearance of lineage is the foundation of a tarekat establishment. This paper tries to elaborate a new light about the lineage of Ahmad Khatib Sambas in the tarekat especially tarekat Naqsabandiyah. Based on exploring the manuscript Fath al-‘Arifin, the author shows that Ahmad Khatib Sambas is a spiritual guru (mursyid) for tarekat that has linked with tarekat Qadiriah as well as tarekat Naqsabandiyah. Manuscript of Fath al-‘Arifin was found in Jambi recently. The author of the manuscript is ‘Abd al-Wahid Palembang, khalifah Khatib Sambas. The name is not well known for most of sufi order member, but his writing is very important to inform the lineage of his guru as well as many other tarekat teachings that never found in any other manuscript Fath al-‘Arifin.
Keywords: Khatib Sambas, Fath al-‘Arifin, lineage of tarekat guru, student tarekat attitude.
Downloads
References
[‘Abd al-Wahid Palembang]. Ms. Salinan. Fath al-‘Arifin, koleksi Ustaz Edi.
[Ma’ruf Palembang]. Ms., Fath al-‘Arifin. PNRI Jakarta. Ml. 146.
[Muhammad al-Bali]. Fath al-‘Arifin, (Surabaya: Syirkah Bungkul Indah, t. th.).
_______. t. th. Al-Awrad Thariqah Mu’tabarah Qadiriyah wa Naqsyabandiyah. Kuala Tungkal: Ponpes Al-Baqiyat al-Shalihat.
‘Ali (ibn ’Abd al-Wahhab al-Naqari al-Banjari al-Tungkali), Muhammad. t. th. Izhhar al-Haqq. Kuala Tungkal.
Abdullah. Hawash. 1983. Perkembangan Ilmu Tasawuf dan Tokoh-tokohnya di Nusantara. Surabaya: Al-Ikhlas.
Amin. Samsul Munir. 2009. Sayyid Ulama Hijaz, Biografi Syaikh Nawawi al-Bantani. Yogyakarta: LKiS Pelangi Aksara.
Azra. Azyumardi. 2004. The Origins of Islamic Reformism in Southeast Asia: Networks of Malay and Middle Eastern ‘Ulama’ in the Seventeenth and Eighteenth Centuries. Honolulu: Allen & Unwin and University of Hawai’i Press.
Fathurahman. Oman. 2003. “Tarekat Syattariyyah di Dunia Melayu-Indonesia: Kajian atas Dinamika dan Perkembangannya Melalui Naskah-naskah di Sumatra Barat.†Disertasi di UI.
Hadi. Ibrahim. 1973. “Pengaruh Pendidikan Islam terhadap Masyarakat Pecinan Jambi.†Skripsi pada IAIN Sunan Ampel, Malang.
Hadi. Sofyan. 2011. “Naskah al-Manhal al-‘Adhbi li-Dhikr al-Qalb: Kajian atas Dinamika Perkembangan Ajaran Tarekat Naqshabandiyah Khalidiyah di Minangkabau.†tesis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Hasibuan. Lohot. 1997. “Ajaran Tarekat dan Dampaknya dalam Kehidupan Masyarakat Kota dan Desa di Jambi.†Pusat Penelitian, IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Hurgronje. C. Snouck. 1931. Mekka in the Latter Part of the 19th Century: Daily life, Customs and Learning of the Moslems of the East-Indian-Archipelago. trans. by J. H Monahan. Leiden: E.J Brill.
Lubis. Nabilah. 1996. Syekh Yusuf al-Taj al-Makasari: Menyingkap Intisari Segala Rahasia. Bandung: Mizan.
Mulyati. Sri. 2002. “The Educational Role of the Tariqa Qadiriyya Naqshabandiyya with Special Reference to Suryalaya.†Thesis at McGill University, Canada.
Pabali. 2008. “Latar Belakang Sosial Politik Tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah Ahmad Khatib Sambas (1802-1875).†Disertasi UIN Syarif Hidatullah Jakarta.
Purwadaksi. Ahmad. 2004. “Ahmad. Ratib Saman dan Hikayat Syekh Muhammad Samman: Suntingan Teks dan Kajian Naskah. Jakarta: Yanasa.
Sedgwick. Mark. 2004. “Establishments and Sects in the Islamic World,†in Religious Movements in the Twenty-First Century: Legal, Political, and Social Challenges in Global Perspective, ed. Philip Charles Lucas and Thomas Robbins. New York: Routledge.
Shaghir Abdullah. Wan Mohammad. 1991. Khazanah Karya Pusaka Asia Tenggara, jil. 1. Kuala Lumpur: Khazanah Fathaniyah.
Steenbrink. Karel A. 1984. Beberapa Aspek tentang Islam di Indonesia Abad ke-19. Jakarta: Bulan Bintang.
Syam. Badriyah. 2004. “Tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah di Kuala Tungkal Kabupaten Tanjung Jabung Barat Jambi,†Tesis S.2 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Trimingham. James Spencer. 1971. The Sufi Orders in Islam. London: Oxford University Press.
Tudjimah, 1987. Syaikh Yusuf Makasar: Riwayat Hidup, Karya, dan Ajarannya. Jakarta: Departeman P dan K.
van Bruinessen. Martin. 1994. Tarekat Naqsyabandiyah di Indonesia: Survei Historis, Geografis, dan Sosiologis. Bandung: Mizan.
Weismann. Itzchak. 2007. The Naqdhabandi: Orthodoxy and Activism in a Worldwide Sufi Tradition. New York: Routledge.