Tradisi Islam, Tradisi Arab dan Tradisi Jawa: Membaca Karya dan Pemikiran K.H. Ahmad ar-Rifai Kalisalak

Authors

  • Agus Iswanto Peneliti Lektur dan Khazanah Keagamaan pada Balai Litbang Agama Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31291/jlk.v15i2.535

Keywords:

filologi, tradisi intelektual Islam Indonesia, herme­neutik, Ahmad ar-Rifai,

Abstract

This article reviews the book of philological research on one of the works of a Javanese ulama, namely K.H. Ahmad ar-Rifai Kalisalak. The work is entitled nazam Tarekat. Aside from being a philological research, which aims to present the text edition of the manuscript of ar-Rifai, this book also examines the context surrounding the author's life and the social function of the text. This book is an example for the research that combines the study of philology and Islamic studies in a research project. This book emphasizes the rich intellectual traditions of the author, Ahmad ar-Rifai, which includes Islamic traditions, Arabic poetry and Javanese poetry. These three traditions, in Gadamer hermeneutic terms, merge to produce a work of the nazam Tarekat. The work of this book can also be an important proof of the contextualization strategy of Islamic preacing in Muslim Nusantara society.

Keywords: philology, Indonesian Islamic intellectual tradition, hermeneutic, Ahmad ar-Rifai   

 

Artikel ini mengulas buku yang berupa hasil penelitian filologis tentang salah satu karya dari seorang ulama Jawa, yakni K.H. Ahmad ar-Rifai Kalisalak. Karya tersebut berjudul nazam Tarekat. Selain sebagai sebuah penelitian filologis, yang tujuannya menyajikan edisi teks dari naskah karya ar-Rifai, buku ini juga mengulas konteks yang melingkupi kehidupan sang pengarang dan fungsi sosial dari teks yang dikaji. Buku ini menjadi contoh untuk hasil penelitian yang memadu­kan kajian filologis dan kajian Islam dalam satu proyek penelitian. Buku ini menegaskan tentang kekayaan tradisi intelektual yang dimiliki sang pengarang, Ahmad ar-Rifai, yang meliputi tradisi Islam, tradisi puisi Arab dan puisi Jawa. Ketiga tradisi tersebut, dalam istilah hermeneutik Gadamer, melebur sehingga menghasilkan sebuah karya nazam Tarekat. Karya Buku ini juga dapat menjadi bukti penting tentang strategi kontekstualisasi ajaran Islam dalam masyarakat Muslim Nusantara.

Kata kunci: filologi, tradisi intelektual Islam Indonesia, herme­neutik, Ahmad ar-Rifai

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chambert-Loir, Henri (Penyunting). 2009. Hikayat Nakhoda Asik Sapi¬rin bin Usman, Hikayat Merpati Mas Muhammad Bakir. Jakarta: Masup Jakarta, EFEO dan Perpustakaan Nasional.
Djamil, Abdul. 2001. Perlawanan dan Gerakan Islam KH. Ahmad Rifa’i Kalisalak. Yogyakarta: LKiS.
Fathurahman, Oman. 2010. “Naskah dan Islam di Asia Tenggara.” Dalam Oman Fathurahman, dkk., Filologi dan Islam Indonesia. Jakarta: Kementerian Agama RI, Badan Litbang dan Diklat, Puslitbang Lektur Keagamaan.
_____. “Teori dan Metode Filologi.” Dalam Oman Fathurahman, dkk., Filologi dan Islam Indonesia. Jakarta: Kementerian Agama RI, Badan Litbang dan Diklat, Puslitbang Lektur Keagamaan.
_____. 2012. “Memahami Pribumisasi Islam melalui Kitab Seribu Masalah,” Studia Islamika, Vol. 19, No. 3.
_____. 2012. Ith}af al-Dhaki>: Tafsir Wahdatul Wujud bagi Muslim Nusantara. Jakarta: Penerbir Mizan bekerjasama dengan EFEO, Yayasan Rumah Kitab, dan Institut Studi Islam Fahmina.
_____. 2017. “Manassa: Penghubung Dua Tradisi Keilmuan.” Dalam Mu’jizah (editor), Dinamika Pernaskahan Nusantara. Jakarta: Prenada Media Group bekerjasama dengan Masyarakat Pernaskahan Nusantara (Manassa), Yayasan Naskah Nusantara (Yanassa) dan Perpustakaan Nasional RI, 2017.
Hardiman, F. Budi. 2015. Seni Memahami: Hermeneutik dari Schleiermacher sampai Derrida. Yogyakarta: Penerbit PT. Kanisius.
Islam, M. Adib. 2016. Puisi Perlawanan dari Pesantren: Nazam Tarekat Karya K.H. Ahmad ar-Rifai Kalisalak. Tangerang Selatan: Transpustaka.
Jabali, Fuad. 2010. “Manuskrip dan Orisinalitas Penelitian,” Jurnal Lektur Keagamaan, Vol. 8, No. 1.
Ricci, Ronit. 2011. Islam Translated: Literature, Conversion, and the Arabic Cosmopolis of South and Southeast Asia. Chicago dan London: The University of Chicago Press.
Robson, SO. 1994. Prinsip-Prinsip Filologi Indonesia. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa dan Universitas Leiden, 1994.
Soebardi, S. 1975. The Book of Cabolek: A Critical Edition with Introduction, Translation and Notes. A Contribution to the Study of Javanese Mystical Tradition. The Hague: Martinus Nijhoff.
Umam, Saiful. 2013. “ God’s Mercy is Not Limited to Arabic Speakers: Reading Intellectual Biography of Muhammad Salih Darat and His Pegon Islamic Texts,” Studia Islamika, Vol. 20, No. 2.

Published

2017-12-16

Issue

Section

Book Review

How to Cite

Tradisi Islam, Tradisi Arab dan Tradisi Jawa: Membaca Karya dan Pemikiran K.H. Ahmad ar-Rifai Kalisalak. (2017). Jurnal Lektur Keagamaan, 15(2), 514‒527. https://doi.org/10.31291/jlk.v15i2.535