Analisis Historiografi Terhadap Pemikiran Azyumardi Azra Dalam Jaringan Ulama
DOI:
https://doi.org/10.31291/jlka.v18i2.795Keywords:
Azyumardi Azra, Historiografi Islam Indonesia, Jaringan UlamaAbstract
Azyumardi Azra's work, The Networks of Malay-Indonesian and Middle Eastern ‘Ulama in the Seventeenth and Eighteenth Century: The Root of Islamic Reformism, is important, as it presents the transmission of ideas and Islamic teachings via the network of ‘Ulama. Another important aspect of this book is its use of primary sources (ancient manuscripts and the books written in Arabic and English). Azra’s book, in my opinion, is the first book which utilizes such an extensive array of Arabic sources to study the history of Islamic Reformism in the Malay Archipelago. The purpose of this article is to describe and analyze the methods, the theories, the historical school of thought, and the approaches used by Azra in the process of writing this book. The article employs historical research method and historiographical approach. The result is crystal-clear, Azra wrote the book using the scientific historical research method with its four steps of research: heuristic, source-criticism, interpretation, and historiogÂraphy. The main keywords within this book are transmission and network. Azra was also inclined toward ‘the new history’ school of thought. Finally, we can mention for sure that Azra approached the research problem through the local and global perspectives simultaneoÂusly. His work is undoubtedly a major contribution into the body of liteÂrature and has inspiÂred many enthusiasts and the scholars of Southeast Asian studies, as well as the scholars of the seventeenth and the eighteenth-century Muslim World.
Keywords: Azyumardi Azra, Indonesian Islamic Historiography, Ulama Network
Â
Karya Azyumardi Azra dengan judul Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII & XVIII Akar Pembaruan Islam Indonesia ini sangat penting, karena telah menyajikan aspek intelekÂtual yang mengetengahkan bentuk gagasan dan ajaran yang ditranÂsmiÂsiÂkan melalui jaringan ulama. Yang lebih penting lagi adalah sumber yang digunakan Azra dalam bukunya tersebut adalah sumber-sumber primer dalam bentuk manuskrip-manuskrip dan buku-buku cetakan berbaÂhasa Arab dan Inggris. Tampaknya inilah buku pertama yang menggunaÂkan sumÂber-sumber Arab secara ekstensif dalam pengkajian yang berkeÂnaan dengan sejarah pembaruan pemikiran Islam di Nusantara. Tujuan tulisan ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis metode, teori, aliran pemikiÂran sejarah dan pendekatan yang digunakan Azra dalam penulisan buku Jaringan Ulama. Metode yang digunakan adalah metode historis dengan pendekatan historiografi. Tulisan ini berhasil mengetengahkan metode yang digunakan Azra yaitu metode sejarah ilmiah dengan empat tahapan, yaitu-heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Teori yang digunakan transmission dan network. Azra lebih cenderung kepada aliran pemikiran sejarah New History. Sedangkan pendekatan yang digunakannya adalah Azra melihat perjalanan historis Islam di Nusantara harus dilihat dari perspektif global dan lokal sekaligus. Karya Azra ini memberikan konstribusi besar kepada literatur dan menjadi inspirasi bagi peminat dan penulis kajian Asia Tenggara serta dunia muslim pada abad ke-17 dan ke-18.
Kata Kunci: Azyumardi Azra, Historiografi Islam Indonesia, Â Jaringan Ulama
Downloads
References
Buku
Ali, Nor Huda. “Teori & Metodologi Sejarah: Beberapa Konsep Dasar.†Palembang: Noer Fikri, Offset, 2016.
Azra, Azyumardi. Islam nusantara, jaringan global dan lokal. Mizan, 2002.
Azra, Azyumardi. Renaisans Islam Asia Tenggara: Sejarah Wacana & Kekuasaan. Remaja Rosdakarya, 1999.
Azra, Azyumardi. "Surau Pendidikan Islam Tradisional dalamTradisi Modern." Jakarta, Logos, 2003.
Azra, Azyumardi, dan Idris Thaha. Historiografi Islam kontemporer: wacana, aktualitas, dan aktor sejarah. Gramedia Pustaka Utama, 2002.
Fathurahman, Oman. Filologi Indonesia Teori dan Metode. Prenada Media, 2015.
Azra, Azyumardi, dan Oman Fathurrahman. "Jaringan Ulama" dalam Taufik Abdullah (et. al) (eds.) Ensiklopedi Tematis Dunia Islam: Asia Tenggara." Jakarta: Ichtiar Baru van Hoeve. Jilid 5 (2002): 105–38.
Lloyd, Christopher. Explanation in social history. B. Blackwell New York, NY, 1986.
Maslakhah, Ulfi. "Konsep Modernisasi Pendidikan Islam Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Agama Islam (telaah Pemikiran Azyumardi Azra)," t.t.
Muthomimah, Zulul. "Studi Pemikiran Pendidikan Islam Azyumardi Azra," 2007.
Reid, Anthony. "The Islamization of Southeast Asia." Dalam Historia: Essays in Commemoration of the 25th Anniversary of the Department of History, University of Malaya. Malaysian Historical Society, 1984.
Sartono, Kartodirdjo. Pendekatan ilmu sosial dalam metodologi sejarah. Gramedia Pustaka Utama, 1992.
Slim, Hugo, dan Paul Thompson. "Ways of listening." Dalam the oral history reader, 128–39. Routledge, 2002.
Sztompka, Piotr, Alimandan, dan Triwibowo Budhi Santoso. Sosiologi perubahan sosial. Prenada Media, 2004.
Wijoyo, Kunto. "Metodologi Sejarah." Jogyakarta: Tiara Wancana Yogya, 2003.
Wijoyo, Kunto. "Pengantar Ilmu Sejarah." Yogyakarta, Benteng Budaya, 1997.
Zahabi, Muhammad Husein al-. al-Tafsir wa Mufassirun. Beirut: Turast, 1976.
Zed, Mestika. Metode peneletian kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia, 2004.
Zed, Mestika. Pengantar Studi Historiografi. Padang: Proyek Peningkatan Pengembangan PT. Universitas Andalas, 1984.
Disertasi
Azra, Azyumardi. "The Transmission of Islamic Reformism to Indonesia: Networks of Middle Eastern and Malay-Indonesia'Ulama' in the 17th and 18th Centuriesâ€, Disertasi. Columbia University, 1992.
Hakim, Lukmanul. "Sentralisasi Islam Marjinal di Dunia Melayu Perspektif Pemikiran Azyumardi Azra dalam Historiografi Islam Melayu Nusantara", Disertasi. Palembang: PascaSarjana UIN Raden Fatah, 2018.
Iswantir. Iswantir, "Pemikiran Azyumardizra tentang Paradigma Keilmuan dan Kelembagaan serta Implikasinya terhadap Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta", Disertasi. Padang: IAIN Imam Bonjol Padang, 2017.
Jurnal
Fathurrahman, Oman, "Jaringan Ulama: Pembaharauan dan Rekonsiliasi dalam Tradisi Intelektual Islam di Dunia Melayu-Indonesia" Studia Islamika, Vol. 11, No. 2, 2004
Fielder, William R. "Models of Teaching. Bruce Joyce and Marsha Weil. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, 1972, 402 p." Journal of Teacher Education, 1973. https://doi.org/10.1177/002248717302400111.
Gilbert, J. "A guide to historical method." Nursing Research 2, no. 1 (1953): 44.
Gottschalk, Louis R. "Understanding History, A Primer of Historical Method." Nursing Research 2, no. 1 (1953): 44.
Hakim, Lukmanul. "AZYUMARDI AZRA SEBAGAI SEJARAWAN ISLAM." Tabuah 21, no. 2 (December 7, 2017): 11–28. https://doi.org/10.15548/tabuah.v21i2.64.
Hakim, Lukmanul. "HISTORIOGRAFI MODERN INDONESIA: Dari Sejarah Lama Menuju Sejarah Baru." Khazanah, December 20, 2018. https://doi.org/10.15548/khazanah.v0i0.75.
Hakim, Lukmanul. "Sentralisasi Islam Marjinaldi Dunia Melayu Prespektif Pemikiran Azyumardi Azra Dalam Historiografi Islam Melayu Nusantara." Doctoral, UIN REDEN FATAH PALEMBANG, 2018. http://repository.radenfatah.ac.id/7417/.
Hakim, Lukmanul, and Abu Haif. "Historiografi Indonesia: Melacak Pengaruh Islam Sebelum Masa Kolonial." Tabuah, December 31, 2019, 98–113. https://doi.org/10.37108/tabuah.vi.243.
Hakim, Lukmanul, Ris'an Rusli, Danil Mahmud Chaniago, and Aziza Meria. "Sentralisasi Islam Marginal: Konstribusi Azyumardi Azra dalam Historiografi Islam Melayu Nusantara." TSAQAFAH 15, no. 2 (November 5, 2019): 291–316. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v15i2.3332.
Kholil, Muhammad. "Modernisasi Pendidikan Pesantren dalam Perspektif Azyumardi Azra." Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman 4, no. 1 (2017): 104–23.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.