"Sakaratul Maut" Karya 'Abd Al-Ra'ūf Al-Fanṣūrī: Teks Dan Doktrin Sakratulmaut Di Jawi Abad XVII-XVIII

Authors

  • Muhammad Tarobin Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31291/jlk.v18i2.827

Keywords:

Filologi, Jawi, Neo-Sufisme, Sakratulmaut, Tradisional

Abstract

Sakaratul Maut is a Malay translation of Lubb al-Kasyf wa al-BayÄn limÄ yarÄhu al-Muḥtaá¸ar bi al-'IyÄn manuscript by 'Abd al-Ra'Å«f ibn 'AlÄ« al-JÄwÄ« al-FanṣūrÄ« (d. 1693 AD). A study of this manuscript is important to identify the sakratulmaut doctrine that developed in Jawi in the XVII-XVIII centuries. This study aims to: first, make comparisons of several copies of the Sakaratul Maut manuscripts with the Sakrat al-Maut manuscript collected in Nagara, South Kalimantan which is claimed to be the work of 'Abd al-Ra'Å«f al-FanṣūrÄ«. This was done because contents of the last manuscript was presumed to be different from the existing manuscripts. Second, to identify the sakratulmaut doctrine that developed in the Jawi. Based on the philological approaches, this study finds that: first, based on the study of text structure it is known that the Sakrat al-Maut text in the Nagara collection have many differents content structures from the Sakaratul Maut text by al-FanṣūrÄ«. Second, a comparative analysis with texts that have existed before and after Sakaratul Maut found that sakratul­maut doctrines in Jawi was conveyed with a narrative classifications of the four and five patterns, namely by connecting four or five colors as representations of creatures accompanied by four or five kinds recitation of zikir.

Keywords: Philology; Jawi; Neo-Sufism; Sakratulmaut; Traditional

 

Sakaratul Maut merupakan naskah terjemahan Melayu dari naskah Lubb al-Kasyf wa al-BayÄn limÄ yarÄhu al-Muḥtaá¸ar bi al-'IyÄn karya 'Abd al-Ra'Å«f ibn 'AlÄ« al-JÄwÄ« al-FanṣūrÄ« (w. 1693 M). Kajian terhadap naskah ini penting untuk melakukan identifikasi terhadap doktrin sakratulmaut yang berkembang di Jawi pada abad XVII-XVIII. Tulisan ini bertujuan untuk: pertama, melakukan perbandingan atas beberapa salinan naskah Sakaratul Maut dengan naskah Sakrat al-Maut koleksi Nagara, Kalimantan Selatan yang diklaim sebagai karya 'Abd al-Ra'Å«f al-FanṣūrÄ«. Hal ini dilakukan karena isi naskah terakhir diduga berbeda dengan naskah-naskah yang telah ada. Kedua, untuk melakukan identifikasi terhadap ajaran sakratulmaut yang berkembang di Jawi. Berdasarkan pendekatan filologi, studi ini menemukan bahwa: pertama, berdasarkan kajian struktur teks diketahui bahwa naskah Sakrat al-Maut koleksi Nagara memiliki struktur isi yang berbeda dengan naskah Sakaratul Maut karya al-FanṣūrÄ«. Kedua, analisis perbandingan dengan teks-teks yang telah ada sebelum dan sesudah Sakaratul Maut menemukan bahwa doktrin sakratulmaut di Jawi disampai­kan melalui narasi klasifikasi pola empat dan lima, yakni dengan menghubungkan empat atau lima warna sebagai representasi makhluk disertai dengan empat atau lima macam bacaan zikir.

Kata Kunci: Filologi; Jawi, Neo-Sufisme; Sakratulmaut; Tradisional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Manuskrip

Anonim. Inilah Perintah Sakratulmaut. MS 07.00006(F). Naskah Koleksi Museum Negeri Banda Aceh, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

al-FanṣūrÄ«, Ê»Abd al-Ra'Å«f b. Ê»AlÄ« al-JÄwÄ«. Sakaratul Maut. Naskah nomor 07.00705, 07.00690 Koleksi Museum Negeri Banda Aceh, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan ML 133 Koleksi PNRI, Jakarta.

al-KÅ«rÄnÄ«, IbrÄhÄ«m. Kasyf al-Muntaẓar limÄ YarÄhu al-Muḥtaá¸ar. Mikrofilm No. 135/A/19/75, Koleksi Manuskrip Kesultanan Buton, ANRI, Jakarta.

al-KÅ«rÄnÄ«, IbrÄhÄ«m. Sakaratul Maut. Naskah ML 82 Koleksi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Jakarta.

SirÄj al-DÄ«n b. JalÄl al-DÄ«n. JawÄhir al-Nafsiyyah lilmuwÄḥid al-Ṣūfiyyah (Manikam yang terlalu Indah bagi MuwÄḥid yang amat rindu akan hadiratnya Tuhan). Naskah Koleksi Adnan, Kerandin-Kabupaten Lingga, disalin oleh Encik Pung pada 1 Zulhijjah 1219 H.

Tengku Abu Bakar. [Risalah Martabat Tujuh]. Naskah Koleksi Tengku Husin Saleh, Daik, Pulau Lingga, Provinsi Kepu-lauan Riau.

Buku

Abdullah, Hj. W. Mohd. Shaghir. Khazanah Karya Pusaka Asia Tenggara. Jilid I. Kuala Lumpur: Khazanah Fathaniyah, 1991.

Anonim. DaqÄ'iq al-AkhbÄr fÄ« Å»ikr al-Jannah wa al-NÄr, terj. Melayu: Ahmad b. Muhammad Yunus Lingga pada 1312 H. Singapura-Jeddah: al-Haramain, t.t.

Arnaldez, R. "Al-Ḳurṭubī." dalam Bosworth, D.E., dkk.. The Encyclopaedia of Islam. Leiden: Brill, 1977. Vol. V.

Azra, Azyumardi. Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII dan XVIII. Jakarta: Prenada Media, 2007.

Azra, Azyumardi. Renaisans Islam Asia Tenggara: Sejarah wa-cana dan kekuasaan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

Bosworth, D. E. "Al-Kabisi" dalam Bosworth, D.E., dkk.. The Encyclopaedia of Islam. Leiden: Brill, 1977. Vol. IV.

Bosworth, D. E. "Ibn Abī Zayd" dalam Bosworth, D.E., dkk.. The Encyclopaedia of Islam. Leiden: Brill, 1977. Vol. III.

Dahlan, Abdul Aziz. Penilaian Teologis atas Paham Waḥdat al-Wujud (Kesatuan Wujud) Tuhan-Alam-Manusia dalam Tasawuf Syamsuddin Sumatrani. Padang: IAIN-IB Press, 1999.

Erawadi. "Tradisi, Wacana, dan Dinamika Intelektual Islam Aceh Abad XVIII dan XIX". Jakarta: Disertasi SPS UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2009.

Fathurahman, Oman. Filologi Indonesia: Teori dan Metode. Jakarta: Kencana, 2015.

Fathurahman, Oman. ItḥÄf al-DhakÄ«: Tafsir Wahdatul Wujud bagi Muslim Nusantara. Jakarta: Mizan, 2012.

Fathurahman, Oman. TanbÄ«h al-MÄsyÄ«; Menyoal Wahdatul Wu-jud: Kasus Abdurrauf Singkel di Aceh Abad 17. Bandung: Mizan-EFEO, 1999.

al-GhazÄlÄ«, AbÄ« ḤÄmid. al-Durrah al-FÄkhirah fÄ« Kasyf 'UlÅ«m al-Ä€khirah. Beirut: al-Hikmah, 1995.

Hadi W.M., Abdul. Tasawuf Yang Tertindas: Kajian Herme-neutik terhadap karya-karya Hamzah Fansuri. Jakarta: Paramadina, 2001.

al-HaitamÄ«, Aḥmad Ibn Ḥajar. Tuḥfah al-MuḥtÄj fÄ« Syarḥ al-MinhÄj. Beirut: DÄr IḥyÄ al-TurÄṡ al-'ArabÄ«, t.t.

Ikram et.al., Achadiati. Katalog Naskah Buton Koleksi Abdul Mulku Zahari. Jakarta: YOI, 2001.

Maulani, Abdullah. "Kasyf al-Muntaẓar limÄ yarÄhu al-Muḥtaá¸ar: DirÄsah Filolojiyah." Jakarta: Skripsi pada Program Studi Bahasa dan Sastra Arab, Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah, 2016.

Munawwir, Ahmad Warson. Al-Munawwir: kamus Arab-Indonesia terlengkap. Surabaya: Pustaka Progressif, 1997.

al-Qurá¹­ubÄ«, JamÄl al-DÄ«n Muḥammad b. Aḥmad. Al-Tażkirah fÄ« AḥwÄl al-Mautá wa UmÅ«r al-Ä€khirah (t.k: Maktabah MushkÄh, t.t). Kitab diunduh dari www.al-mostafa.com.

Rahman, Fazlur. Islam. Chicago: University of Chicago Press, 1979.

Subagya, Rachmat. Agama Asli Indonesia. Jakarta: Sinar Harapan, 1981.

al-SuyÅ«á¹­Ä«, JalÄl al-DÄ«n 'Abd al-RaḥmÄn. al-ḤabÄ'ik fÄ« AkhbÄr al-MalÄ'ik. Beirut: DÄr al-Kutub al-'Ilmiyah, 1985.

al-SuyÅ«á¹­Ä«, JalÄl al-DÄ«n 'Abd al-RaḥmÄn. Syarḥ al-á¹¢udÅ«r bisyarḥ ḤÄl al-Mawtá wa al-QubÅ«r. al-QÄhirah: DÄr al-ManÄr, 1985.

Syahrizal. Syeikh Abdurrauf dan Corak Pemikiran Hukum Islam: Kajian terhadap Kitab Mir’at al-Tullab tentang Hakim Wanita. Banda Aceh: Yayasan Pena, 2003.

al-SyÄ«rÄzÄ«, AlÄ« KhÄn al-ḤusainÄ« al-ḤasanÄ« al-MadanÄ«. RiyÄḠal-SÄlikÄ«n fÄ« Syarḥ á¹¢aḥīfah Sayyid al-SÄjidÄ«n á¹¢alawÄtullÄh ‘Alaih. Qum: Muassasah al-Nasyr al-IslÄmÄ«, 1435 H.

Tarobin, Muhammad. Sakaratul Maut (SMLK): Kritik 'Abd al-Ra’ūf al-JÄwÄ« al-FanṣūrÄ« terhadap Tradisi Islam Jawi di Aceh Abad XVII. Tangerang Selatan: LSIP, 2012.

Artikel

Johns, A. H. "Reflections on the Mysticism of Shams al-Din al-Samatra'i (1550?-1630)" dalam Studia Islamika, Jakarta: PPIM, 2011, Vol. 18, No. 2. 231-244. https://doi.org/http:// dx.doi.org/10.15408/sdi.v18i2.433.

Qasim, Abu, Muhammad Yusuf, Fathullah Munadi. "Risalah Sakrat Al-Maut Karya Abdurrauf Singkel (Penelitian Filologis atas Naskah Nagara)", dalam AL-BANJARI: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, Banjarmasin: Pascasarjana IAIN Antasari, Vol. 14, No. 2, Juli-Desember 2015, 109-130. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18592/ al-banjari.v14i2.653.

Published

2020-12-31

How to Cite

"Sakaratul Maut" Karya ’Abd Al-Ra’Å«f Al-FanṣūrÄ«: Teks Dan Doktrin Sakratulmaut Di Jawi Abad XVII-XVIII. (2020). Jurnal Lektur Keagamaan, 18(2), 365-398. https://doi.org/10.31291/jlk.v18i2.827