KISAH NABI ADAM DI DALAM NASKAH INCUNG INI ASAN PULUNG DARI KERINCI

Authors

  • Hafiful Hadi Sunliensyar Masyarakat Pernaskahan Nusantara (MANASSA), Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31291/jlka.v19i2.901

Keywords:

Kerinci, Kisah Adam, Naskah Kuno, Surat Incung

Abstract

The religious manuscripts found in Kerinci were written using Jawi script (Arab-Melayu) generally. However, the Incung manuscript that was found as the sacred heirloom collection of Depati Anum Muncak Alam from Dusun Sungai Tutung, indicated something different. This Incung manus­cript is a religious manuscript that narrates the Adam prophet’s story. This Incung manuscript is titled Ini Asan Pulung with code EAP117-44-1-6. The problem in this study is how the narration of Adam prophet's story in the Incung manuscript Ini Asan Pulung? The purpose of this study is to understand the narration of Adam prophet's story from the perspective of Kerinci society in past. This study utilized the qualitative method and philological approach. Meanwhile, the text of the manuscript is analyzed using the intertextual approach. The result of this study is known that the story of Adam in the manuscript contains a different narration and plot from other manuscripts. The writer of the manuscript was re-compiled  Adam’s story from various religious references and added local cultural elements in his story.

Keywords: Adam’s Story, the Incung  Script, Kerinci, Old Manuscript.

 

Naskah-naskah keagamaan yang ditemukan di Kerinci, umumnya ditulis menggunakan aksara Jawi (Arab-Melayu). Namun, temuan naskah Incung yang menjadi koleksi pusaka Depati Anum Puncak Alam dari Dusun Sungai Tutung mengindikasikan  sesuatu yang berbeda. Naskah tersebut merupakan naskah keagamaan yang berisi kisah nabi Adam. Naskah Incung ini berjudul Ini Asan Pulung dengan kode EAP117-44-1-6. Perma­salahan di dalam kajian ini adalah bagaimana narasi kisah penciptaan Adam di dalam naskah Incung Ini Asan Pulung? Tujuannya adalah untuk memahami narasi kisah Adam menurut pandangan masyarakat Kerinci di masa lalu. Metode yang digunakan di dalam kajian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan filologi. Tahapannya adalah, inventarisasi, deskripsi, transliterasi dan penerjemahan. Sementara itu, teks naskah ini juga ditelaah menggunakan pendekatan intertekstualitas untuk mengetahui unsur-unsur teks lain yang memengaruhi narasi teks. Hasil kajian menunjukkan bahwa kisah Adam di dalam naskah Incung memiliki narasi dan alur yang berbeda dengan kisah Adam di dalam naskah-naskah lain. Penulis naskah menyusun kembali cerita nabi Adam dari berbagai sumber lain yang ia ketahui seperti Hikayat Nur Muhammad, Hikayat Nabi Adam dan Qishash al-Anbiya. Penulis naskah juga menambahkan unsur-unsur lokal di dalam kisah Adam yang disusunnya.

Kata kunci: Kerinci, Kisah Adam, Naskah Kuno, Surat Incung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku

Alimin. Sastra Incung Kerinci. Kerinci: Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kerinci, 2003.

Baried, Siti Baroroh, Siti Chamamah Soeratno, Sawoe Sawoe, Sulastin Sutrisno, dan Moh Syakir. Pengantar Teori Filologi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1985.

Harkantiningsih, Naniek, Bagyo Prasetyo, Yusmaini Eriawati, Aryandini Novita, Nurul Laili, dan Truman Simanjuntak. Meto-de Penelitian Arkeologi. Jakarta: Pusat Penelitian Arkeologi Nasional, 1999.

Kozok, Uli. Kitab Undang-Undang Tanjung Tanah: Naskah Melayu yang Tertua. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2006.

———. Surat Batak: Sejarah Perkembangan Tulisan Batak. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia, 2009.

Westenenk, L.C. “Rèntjong-schrift. II. Beschreven Hoorns in het Landschap Krintji.†In Tijdschrift voor Indische Taal-, Land-, en Volkenkunde 61. Batavia: Albrecht en co./’s-Gravenhage, M. Nijhoff, 1922.

Jurnal Ilmiah

Achmad, Achmad, dan M. Muhtarom Ilyas. “Faham Ulama Hadist dan Sufi Terhadap Keyakinan Tentang Nur Muhammad.†Sosial Humaniora 8, no. 1 (2015): 69–76.

Andhifani, Wahyu Rizki. “Naskah Kuna Pusaka Raja Sulah Desa Siulak Mukai Kerinci Jambi.†Siddhayatra 17, no. 2 (2012): 62–68.

Basri, Halimah. “Penciptaan Wanita.†Studi Gender & Anak 5, no. 1 (2010): 168–98.

Ilyas, Deddy. “Di Balik Kisah Adam as : Menarik Nalar Makna Penciptaan.†Ilmu Agama 15, no. 1 (2016): 111–23.

Kamidjan. “Naskah Syamud Ibnu Salam Sebuah Sastra Keagamaan.†Jumantara: Jurnal Manuskrip Nusantara 7, no. 1 (2016): 1–18.

Kriswanto, Agung. “Naskah-Naskah Keislaman dari Skriptorium Merapi- Merbabu di Perpustakaan Nasional.†Jumantara: Jurnal Manuskrip Nusantara 10, no. 1 (2019): 19–41.

https://doi.org/doi.org/10.37014/jumantara.v10i1.23.

Ma’mur, Ilzamuddin. “Konsep Dasar Penerjemahan: Kajian Teoritis.†Al-Qalam 21, no. 102 (2004): 431–58.

Musofa, Ahmad Abas. “Nabi Adam AS dalam Historiografi Bengkulu (Kajian Naskah Ulu atau Ka-Ga-Nga Asal Mulo Jabaril Menempo Adam).†Tsaqofah & Tarikh 2, no. 1 (2017): 14.

http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/twt/article/view/783/691.

Rasidin, Mhd, dan Oga Satria. “Tradisi Tulis Menulis Ulama Kerinci: Manuskrip Islam Peninggalan K.H. Muhammad Burkan Saleh (1912-2010).†Lektur Keagamaan 18, no. 2 (2020): 463–88.

Rosle, Nurul Nasuha Binti Mohd., dan Zubir Bin Idris. “Hikayat Nabi Adam : Satu Kajian Teks dan Analisis Berdasarkan Pengkaeda-han Keagamaan.†Wacana Sarjana 2, no. 2 (2018): 1–15.

Rusydi, Ibnu, dan Siti Zolehah. “Al-Tabari dan Penulisan Sejarah Islam : Telaah atas kitab Tarikh al-Rusul wa al-Muluk Karya Al-Tabari.†al-Afkar, Journal for Islamic Studies 1, no. 2 (2018): 142–59.

https://doi.org/10.5281/zenodo.3554866.

Satria, Oga. “Fatwa Rokok dalam Manuskrip Kerinci.†Penelitian Agama dan Masyarakat (PENAMAS) 33, no. 2 (2020): 277–92.

Sunliensyar, Hafiful Hadi. “Asosiasi Gundukan Tanah, Sungai, dan Menhir di Pusat Wilayah Adat Tanah Sekudung, Baratlaut Lem-bah Kerinci, Dataran Tinggi Jambi (Kajian Fenomenologi).†AMERTA Jurnal Pengembangan dan Penelitian Arkeologi 36, no. 2 (2018): 115.

https://doi.org/10.24832/amt.v36i2.115-131.

———. “Idu Tawa Lam Jampi: Mantra-mantra dalam Naskah Surat Incung Kerinci.†Manuskripta 8, no. 1 (2018): 31–35.

https://doi.org/10.33656/manuskripta.v8i1.100.

Voorhoeve, Petrus. “Kerintji Documents.†Bijdragen tot de Taal-, Land- en Volkenkunde 126, no. (1970): 369–99.

Makalah

Jamalie, Zulfa. “Syekh Ahmad Syamsuddin Al-Banjari dan Kitab Hikayat Nur Muhammad.†In Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS), 21–24, 2014.

Voorhoeve, Petrus, R.Ng.Dr Poerbatjaraka, H. Veldkamp, M.C.J Voorhoeve, Bernelot Moens, dan Abdul Hamid. “Tambo Kerintji: Disalin dari Toelisan Djawa Koeno, Toelisan Rentjong, dan Toelisan Melayoe jang Terdapat pada Tandoek Kerbaoe, Daoen Lontar, Boeloeh dan Kertas, dan Koelit Kajoe Poesaka Simpanan Orang Kerintji,†1941.

Skripsi

Farhan, Ahmad. “Kitab Qasas al- Anbiyâ pada Bab Ihtijâj Âdam dan Mûsâ Karya Ibnu Katsîr: Analisis Morfosintaksis Terjemahan M. Abdul Ghaffar E.M.†Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 2015.

Sahlan, Mohammad. “Ambiya Pegon Pupuh 16-21: Kisah Nabi Adam (Suntingan Teks dan Terjemahan).†Universitas Gadjah Mada, 2017.

Website

Anonim. “Bamboo Manuscript.†British Library, n.d. https://eap.bl.uk/ archive- file/EAP117-44-1-6.

———. “Polong.†Kamus Besar Bahasa Indonesia, n.d. https://kbbi. web.id/polong.

———. “Surah al-Baqarah : 35.†Qur’an Kemenag, n.d. https://quran. kemenag.go.id/sura/2/35.

———. “Tanai.†Kamus Besar Bahasa Indonesia, n.d. https://kbbi. web.id/ tanai.

Published

2021-12-31

How to Cite

KISAH NABI ADAM DI DALAM NASKAH INCUNG INI ASAN PULUNG DARI KERINCI. (2021). Jurnal Lektur Keagamaan, 19(2), 583-806. https://doi.org/10.31291/jlka.v19i2.901