Moderasi Beragama dalam Kitab Tasawuf Al-MuntakhabÄt karya KH. Ahmad Asrori Al-Ishaqi

Authors

  • Muhammad Zakki Muhtar Ma‟had Aly Al-Fithrah Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31291/jlka.v19i1.928

Keywords:

Al-Muntakhabāt, KH. Ahmad Asrori Al-Ishaqi, Moderasi Beragama, TQN Al-Usmaniyah

Abstract

This paper aims to reveal the moderate attitude in the tarekat. Tarekat as practitioners of Sufism are considered a less tolerant group in carrying out religious behavior in society. This paper attempts to see the moderate and tolerant understanding in the book Al-Munta¬khabÄt, which contains the teachings of philosophical, moral, and practice Sufism written by KH. Ahmad Asrori Al-Ishaqi in the early 21st century. Through a qualitative study with an intellectual social history approach and hermeneutics, this paper proves that the book is specifically a guide for tarekat practitioners. In addition, KH. Ahmad Asrori Al-Ishaqi as an author has contributed significantly in bringing the message of religious moderation to life in Indonesia, which can be seen in some of his important ideas in Al-MuntakhabÄt. Besides using Arabic fusha, KH. Ahmad Asrori Al-Ishaqi also presented material on philosophical, moral and practice Sufism with Sufism scientific networks in Indonesia. Some of these ideas display the characteristics of Islam which are moderate (wasaá¹­iyyah), balanced (tawÄzun) and tolerant (tasÄmuḥ). This is important to be actualized in order to reaffirm the nature and moderate attitude in religion, both individuals and organizations, with the aim of eliminating radical Islamic thoughts that are not in accordance with the nation's ideology.

Keywords: Al-MuntakhabÄt, KH. Ahmad Asrori Al-Ishaqi, Religious Moderation and TQN Al-Usmaniyah.

 

Tulisan ini bertujuan mengungkapkan sikap moderat dalam tarekat. Tarekat sebagai pengamal tasawuf dianggap sebagai kelompok kurang toleran dalam men­jalankan laku beragama di masyarakat. Tulisan ini ber­upaya melihat pemahaman moderat dan toleran dalam kitab Al-Munta­khabÄt, yang berisi ajaran tasawuf falsafi, akhlaki, dan amali yang dikarang oleh KH. Ahmad Asrori Al-Ishaqi pada awal abad ke-21. Melalui kajian kualitatif dengan pendekatan sejarah sosial intelektual dan hermeneutika, tulisan ini membuktikan bahwa kitab tersebut secara khusus merupa­kan pedoman para pengamal tarekat. Selain itu, KH. Ahmad Asrori Al-Ishaqi sebagai pengarang telah ber­kontribusi signi­fi­kan dalam menghidupkan pesan moderasi beragama di Indonesia, di antaranya terlihat dalam beberapa gagasan penting pemikiran­nya dalam Al-MuntakhabÄt. Selain menggunakan bahasa Arab fusha, KH. Ahmad Asrori Al-Ishaqi juga menyajikan materi tasawuf falsafi, akhlaki dan amali dengan jejaring keilmuan tasawuf di Indonesia.  Beberapa gagasan tersebut menampilkan karakteristik Islam yang moderat (wasaá¹­iyyah), seimbang (tawÄzun) dan toleran (tasÄmuḥ). Hal ini penting untuk diaktualisasikan demi meneguh­kan kembali sifat dan sikap moderat dalam beragama, baik perseorangan maupun perkumpulan organisasi, dengan tujuan menghilangkan pemikiran Islam radikal yang tidak sesuai dengan ideologi bangsa.

Kata kunci: Al-MuntakhabÄt, KH. Ahmad Asrori Al-Ishaqi, Moderasi Beragama dan TQN Al-Usmaniyah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku

Abu Bakar Al-Makki bin Muhammad Syata Al-Dimyati. KifÄyÄt Al-AtqiyÄ’ Wa MinhÄj Al-Aá¹£fiyÄ’.Gresik:Al-Haramain, n.d.

Aizid, Ustad Rizem. Biografi Ulama Nusantara. Yogyakarta: Divapress, 2016.

Al-‘Amr, Nasir bin Sulayman. Al-Wasaá¹­iyyah FÄ« Ḍaw’ Al-Qur’Än Al-KarÄ«m, n.d.

Al-Bukhari, Abu Abdullah Muhammad bin Ismail. Al-Ä€dÄb Al-Mufrad. Bairut: Dar al-Bashair al-Islamiyah, 1989.

Al-Fasi, Ahmad Zuruq. QawÄ’id Al-Taá¹£awwuf. Surabaya: STAI Al Fithrah, 2017.

Al-Hanbali, Abu Abdullah ‘Abidillah bin Muhammad bin Battah al-‘Abkari (304-387 H.). Al-IbÄnah ‘an Shari’at Al-Firqah Al-NÄjiyah Wa MujÄnabat Al-Firaq Al-MadhmÅ«mah. Saudi: Dar al-Rayah al-Nashr, n.d.

Al-Ishaqi, Ahmad Asrori. Al-MuntakhabÄt FÄ« RÄbiá¹­at Al-Qalbiy-yah Wa á¹¢ilat Al-Rūḥiyyah. Surabaya: Al Wava, 2009.

Al-Qaradhawi, Yusuf. Metode Dakwah: Al-Manhaj Al-Da’wah ‘inda Al-QarÄá¸ÄwÄ«. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2010.

Al-Sya’rani, Abdul Wahab bin Ahmad. Al-AnwÄr Al-Qudsiyyah. Jakarta: Dar al-Kutub al-Ilmiyah, 2012.

Al-Syafi’i, Abdullah bin Alawi al-Hadad al-Hadrami (w. 1132 H.). RisÄlah Ä€dÄb Al-MurÄ«d. Tarim: Makam al-Imam al-Haddad, 2012.

Al-Tusi, Abu Nasr al-Siraj. Al-Luma Fī Al-Taṣawwuf. Mesir: Dar al-Kutub al-Hadiṡah, 1960.

Asy-Syaibani, Abu Abdullah Ahmad bin Muhammad bin Hanbal bin Asad (w. 241 H.). Musnad Aḥmad Bin Ḥanbal. Bairut: ‘Alim al-Kutub, 1998.

Bruinessen, Martin Van. Tarekat Naqsyabandiyah Di Indonesia. Bandung: Mizan, 1992.

Hafidz, Syaikh Abdul. Tasawuf Dalam Pandangan Ulama Salaf. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2011.

Hardiman, F. Budi. Seni Memahami Hermeneutik Dari Schleir-macher Sampai Derrida. Yogyakarta: Kanisius, 2015.

Isa, Abdul Qadir. ḤaqÄiq ‘an Al-Taá¹£awwuf. Suriah: Dar al-Irfan, 2007.

Kaelan. Metode Penelitian Agama Kualitatif Indisipliner. Yogyakarta: Paradigma, 2010.

Muhammad, Yusuf Khattar. Al-Mawsū’at Al-YÅ«sufiyyah Fi BayÄn Adillat Al-Ṣūfiyyah. Damaskus: Dar al-Albab, 1999.

Mustaqim, Abdul. “Kontribusi Kiai Sholeh Darat (1830-1903) Dalam Meneguhkan Islam Wasatiyah Islam Di Nusantara.†In Prosiding Muktamar Pemikiran Santri Nusantara 2018, 2. Jakarta: Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Dirjen Pendis Kemenag RI, 2019.

Ni’am, Syamsun. Wasiat Tarekat Hadratus Syaikh Hasyim Asy’ari. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.

Raco, J. R. Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2010.

RI, Kementerian Agama. Bukhara Al-Qur’an Tajwid Dan Terjemah. Bandung: Sygma Examedia Arkanleema, 2010.

RI, Tim Penyusun Kemenag. Moderasi Beragama. Jakarta: Kementerian Agama RI, 2019.

Riyadi, Abdul Kadir. Ntropologi Tasawuf: Wacana Manusia Spiritual Dan Pengetahuan. Jakarta: Pustaka LP3ES, 2014.

Rosidi. Konsep Sufistik KH. Ahmad Asrori Al-Ishaqi. Yogya¬karta: Bildung, 2019.

Rusydi, Syaikh Ahmad. Syiah Dan Tarekat Sufi: Dua Sisi Mata Uang. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2013.

Sunyoto, Agus. Atlas Wali Songo. Bandung: Mizan Media Utama, 2018.

Tesis/Skripsi

Fahmi, Muhammad Ilham. “Kajian Hermeneutika Teks Pernya¬ta¬an Andi Arief Tentang Tujuh Kontainer Surat Suara Tercoblos Di Twitter.†UIN Sunan Ampel Surabaya, 2019.

Musyafa’, Muhamad. “Relevansi Nilai-Nilai Al-Tariqah Pada Kehidupan Kekinian (Studi Penafsiran Ayat-Ayat Al-Qur’an Dalam Al-MuntakhabÄt Karya KH. Ahmad Asrori Al-Ishaqi.†UIN Sunan Ampel Surabaya, 2019.

Jurnal Ilmiah

Fadal, Kurdi. “Ulama Pesisir Jawa Awal Abad XX M Seputar Hewan Laut ‘Aisy Al-Bahr: The Intellectual Work Of Javanese Coastal Ulama In The Early 20 Th.†Jurnal Lektur Keagamaan 18, No. 2 (2020).

Farhan, Ibnu. “Konsep Maqamat Dan Ahwal Dalam Perspektif Para Sufi.†Jurnal Yaqzhan 2, No. 2 (2016).

Jazadi, Faiz Unisa, I G A Widari, and Iwan Jazadi. “Analisis Indeks Kerukunan Antar Umat Beragama Di Kalangan Siswa Sma Negeri Di Kota Sumbawa Besar.†Jurnal Unmas Mataram 14, No. 2 (2020).

Mazhar, Aly. “Tasawuf :Sejarah, Madzhab Dan Inti Ajarannya.†Al-A’raf: Jurnal Pemikiran Islam Dan Filsafat 12, No. 1 (2015).

Nashiruddin. “Pendidikan Tarekat Perspektif KH. Achmad Asrori Al-Ishaqi Dan Relevansinya Terhadap Tujuan Pen¬di¬dikan Nasional.†Jurnal Putih 3, No. 1 (2018).

Nur, Mahmudah. “Agama Dan Magi Dalam Kepemimpinan Ulama Banten : Telaah Terhadap Naskah Catatan Harian Abuya Muqri.†Jurnal Lektur Keagamaan 17, No. 2 (2020).

Pinem, Masmedia. “Manuskrip Dan Konteks Sosialnya Kasus Naskah Tarekat Naqsyabandiyah Di Minagkabau.†Jurnal Lektur Keagamaan 10, No. 2 (2012).

Rahmah, Nur. “Naskah Ilmu Segala Rahasia Yang Ajaib Kon¬tem-plasi Tarekat Naqsyabandiyah dan Pembangunan Karak¬¬ter.†Jurnal Lektur Keagamaan 10, No. 1 (2012).

Rohman, Fathur. “Ahmad Sirhindi Dan Pembaharuan Tarekat.†Wahana Akademika 1, No. 2 (2014).

Rosidi. “Konsep Maqamat Dalam Tradisi Sufistik KH. Ahmad Asrori Al-Ishaqi.†Teosofi: Jurnal Tasawuf Dan Pemikiran Islam 4, No. 1 (2014).

S, Muh. Nasir. “Perkembangan Tarekat Dalam Lintasan Sejarah Islam Di Indonesia.†Jurnal Adabiyah 11, No. 1 (2011).

Syatori, Ahmad. “Lingkar Spiritual Dalam Bedah Relasi Mur¬syid Dan Murid.†Jurnal Putih 3, No. 1 (2018).

Tri Hartini, Andayani Andayani, Atikah Anindyarini. “Dimensi Religiositas Pada Novel Pudarnya Pesona Cleopatra Dan Relevansinya Dalam Pembelajaran Sastra Indonesia.†Jurnal Lektur Keagamaan 18, No. 2 (2020).

Zainal. “Tradisi Dakwah Kelompok Tarekat ‘Studi Aktivitas Dakwah Tarekat Syattariyah.’†Al-Munir 4, No. 6 (2012).

Zuhdi, Zaenu. “Afiliasi Madhab Fiqh Tarekat Shadhiliyah Di Jombang.†Jurnal Teosofi 4, No. 1 (2014).

Website

Channel, NU Online. “Ekstrem Kiri vs Ekstrem Kanan. Moderasi Dalam Beragama,†2019. youtube.com.

Hasbullah, Afif. “Menggagas Kehadiran Al-Khidmah di Kam¬pus Sebagai Salah Satu Strategi Bela Negara Pengalaman di UNISDA Lamongan,†2016. www.afifhasbullah.com.

Idris, Irfan. “Deradikalisasi: Gagal Atau Berhasil?,†2016. https://indonesiana.tempo.co.

Published

2021-07-02

How to Cite

Moderasi Beragama dalam Kitab Tasawuf Al-Muntakhabāt karya KH. Ahmad Asrori Al-Ishaqi . (2021). Jurnal Lektur Keagamaan, 19(1), 269-306. https://doi.org/10.31291/jlka.v19i1.928