PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER HINDU DALAM YOGA UNTUK SISYA PASRAMAN AMERTA SANJIWANI
DOI:
https://doi.org/10.31291/jlka.v19i2.973Keywords:
Hindu, Karakter, Pasraman, YogaAbstract
The writing of this article aims to describe the results of yoga training activities in sisya pasraman and practice skills to strengthen the understanding of the essence of Hindu educational values. This study is qualitative with a case study approach on yoga training activities. Data collection techniques use participant observation models, interviews and document studies, which are analyzed using data triangulation techniques. Based on the results of the data analysis, sisya is very enthusiastic about learning the yoga movements given by the coaches. In addition to the process and concept of yoga, teachings contain character values, one of which is religious character and discipline, reflected in the teachings of morals, namely tri kaya parisudha, the concept of parhyangan, the teachings of panca Yama brata and panca nyama brata. Yoga training and writing activities of this article are expected to provide benefits in the form of resource development of Hindus of character and can become a reference library for relevant activities in the future.Â
Keywords: Hinduism, Character, Pasraman, Yoga.
Â
Tulisan ini bertujuan untuk menggambarkan hasil kegiatan pelatihan yoga pada sisya pasraman selain melatih keterampilan juga untuk menguatkan pemahaman akan esensi nilai-nilai pendidikan Hindu. Kajian ini berjenis kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada kegiatan pelatihan yoga. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan model observasi partisipan, wawancara dan studi dokumenÂtasi, yang dianalisis menggunakan teknik trianggulasi data. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan bahwa sisya sangat antusias dalam memÂpelajari gerakan-gerakan yoga yang diberikan oleh para pelatih, di samping itu dalam proses dan konsepnya ajaran yoga mengandung nilai-nilai karakter salah satunya adalah karakter religius dan disiplin yang tercermin dalam ajaran susila yaitu tri kaya parisudha, konsep parhyangan dan ajaran panca yama brata dan panca nyama brata. Kegiatan pelatihan yoga dan penulisan artikel ini diharapkan dapat memberikan manfaat berupa pembangunan sumber daya umat Hindu yang berkarakter dan dapat menjadi pustaka rujukan bagi kegiatan yang relevan di masa depan.
Kata kunci: Hindu, Karakter, Pasraman, Yoga.
Downloads
References
Arnita, I Gusti Ayu Rai, I Gede Sura, I Wayan Dunia, Ida Bagus Kade Sindu, I Gusti Ketut Dalem, and I Wayan Sukayasa. Bhuwana Mahbah, PÅ«rwa BÅ«mi Kamulan, Åšiwa ÅšÄsana, Åšila Kramaning Aguron-Guron. 1st ed. Denpasar: Kantor Dokumentasi Budaya Bali Provinsi Daerah Tingkat I Bali, 1996.
Creswell, John W. Penelitian Kualitatif Dan Desain Riset Memilih Di Antara Lima Pendekatan. Edited by Saifuddin Zuhri Qudsy. 3rd ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
Elmubarok, Zaim. Membumikan Pendidikan Nilai Mengumpulkan Yang Terserak, Menyambung Yang Terputus, Dan Menyatukan Yang Tercerai. Edited by Dudung Rahmat Hidayat. 3rd ed. Bandung: ALFABETA, 2013.
Emzir. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. 1st ed. Jakarta: Rajawali Press, 2014.
Graham, Gordon. Teori-Teori Etika. Edited by Muhammad Rizal. 1st ed. Bandung: Nusa Media, 2014.
Kadjeng, I Nyoman, and dkk. Sarasamuscaya Dengan Teks Bahasa Sansekerta Dan Jawa Kuna. 1st ed. Surabaya: Paramita, 1997.
Nala, I Gusti Ngurah, and I G.K. Adia Wiratmadja. Murddha Agama Hindu. 1st ed. Denpasar: PT. Upada Sastra, 1991.
Pudja, M. Bhagawad GÄ«tÄ (Pañcama Veda). Edited by I Wayan Maswinara. 1st ed. Surabaya: Paramita, 2013.
Setyosari, Punaji. Desain Pembelajaran. Edited by Bunga Sari Fatmawati. 1st ed. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2020.
Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif Dan Konstruktif. Edited by Sofia Yustiyani Suryandari. 1st ed. Bandung: ALFA-BETA, 2020.
———. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. 1st ed. Bandung: ALFABETA, 2016.
ÅšivÄnanda, Swami. Sarva GÄ«tÄ SÄraḥ Intisari Semua GÄ«tÄ. Edited by Anak Agung Ngurah Prima Surya Wijaya. 1st ed. Surabaya: Paramita, 2007.
Tung, Khoe Yao. Desain Instruksional Perbandingan Model Dan Implementasinya. Edited by Venan. 1st ed. Yogyakarta: ANDI, 2017.
Wijaya, A.A. Prima Surya. Saya Bangga Beragama Hindu. Edited by I Ketut Donder. 1st ed. Surabaya: Paramita, 2010.
Artikel
Asmariani, Anak Agung Raka, I Nyoman Suarka, and I Nengah Duija. “Eskatologi Dalam Teks Geguritan Atma Prasangsa (Kajian Teks Dan Konteks).†Jurnal Penelitian Agama Hindu 3, no. 1 (2019): 23–34. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/JPAH/article/view/1171.
Asniati, Asniati, Sudarmi Suud Binasar, and Jahada Jahada. “Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Kenakalan Remaja (Siswa).†Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling 4, no. 1 (2020): 17–26. https://doi.org/10.36709/bening.v4i1.10485.
Astuti, Ketut Wendi. “Olah Raga, Olah Rasa Dan Olah Pikiran Melalui Asana Yoga.†Jurnal Bakti Saraswati Vol. 08, no. 02 (2019): 179–91.https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/baktisaraswati/ ar¬¬ticle/view/617.
Bhardwaj, Ajay. “Mantra Yoga : An Overview.†Journal of Yoga and Physiotherapy 8, no. 2 (2019): 28–32. https://doi.org/10.19080/ JYP.2019.08.555737.
Budiadnya, Putu. “Tri Hita Karana Dan Tat Twam Asi Sebagai Konsep Keharmonisan Dan Kerukunan.†Widya Aksara Jurnal Agama Hindu 23, no. 2 (2018): 1–8. http://ejournal.sthd-jateng.ac.id/ index.php/WidyaAksara/article/view/38.
Dayuh, I Nyoman. “Pengetahuan Spiritual Yoga.†Jurnal Penjaminan Mutu 1, no. 2 (2016): 79-90. https://doi.org/10.25078/jpm. v1i2.53.
Hudi, Ilham. “Pengaruh Pengetahuan Moral (Moral Knowing) Ter-hadap Perilaku Moral (Moral Action) Pada Siswa SMP Negeri Kota Pekanbaru Berdasarkan Pendidikan Orangtua.†Jurnal Moral Kemasyarakatan 2, no. 1 (2017): 30–44. https://doi.org/ 10.21067/jmk.v2i1.1698.
Jalil, Abdul. “Karakter Pendidikan Untuk Membentuk Pendidikan Karakter.†Nadwa : Jurnal Pendiidkan Islam 6, no. 2 (2012): 175–93. https://doi.org/10.21580/nw.2012.6.2.586.
Jatiyasa, I Wayan. “Tutur Kesusilaan Sang Widura Dalam Gaguritan Widura Niti Wakya.†Widya Aksara 25, no. 1 (2020): 17–25. http://ejournal.sthd-jateng.ac.id/index.php/WidyaAksara/article/view/63.
Kartika DV, Ida Ayu Putu Indah. “Penerapan Pendidikan Agama Hindu Dalam Membentuk Karakter Anak Pada Tk Dwijendra Di Desa Dangin Puri Kangin, Kecamatan Denpasar Utara.†Univer-sitas Hindu Indonesia Denpasar, 2018. http://repo. unhi.ac.id/ bitstream/123456789/100/1/I A Indah Kartika DV.pdf.
Kinasih, Arum Sukma. “Pengaruh Latihan Yoga Terhadap Peningkat-an Kualitas Hidup.†Buletin Psikologi 18, no. 1 (2010): 1–12. https://doi.org/10.22146/bpsi.11531.
Madja, I Ketut. “Makna Astangga Yoga Patanjali.†Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu 7, no. 1 (2020): 87–96. https://doi.org/ 10.25078/gw.v7i1.1278.
Marwiyati, Sri. “Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pembiasa-an.†ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 8, no. 2 (2020): 152-163. https://doi.org/10.21043/thufula. v8i2.7190.
Mayeni, Riska, Okviani Syafti, and Sefrinal. “Dampak Perkembangan Teknologi Dikalangan Remaja Dilihat Dari Nilai-Nilai Karakter.†Turast: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian 7, no. 2 (2019): 239–46. https://doi.org/10.15548/turast.v7i2.1298 (Diterima:
Mertayasa, Ketut. “Pengaruh Pelatihan Yoga Asana (Suryanamaskar) Terhadap Kelentukan Dan Kapasitas Vital Paru.†Ilmu Keolah-ragaan Undiksha 1, no. 1 (2013): 1–8. https://doi.org/ 10.23887/ jiku.v1i1.1578.
Murniti, Ni Wayan. “Kajian Bentuk, Makna Dan Fungsi Kewangen Sebagai Produk Budaya Keagamaan.†GENTA HREDAYA: Media Informasi Ilmiah Jurusan Brahma Widya STAHN Mpu 2, no. 2 (2018): 11–19. https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/ index. php/genta/article/view/433.
Nur’aini, Ratna Dewi. “Penerapan Metode Studi Kasus Yin Dalam Penelitian Arsitektur Dan Perilaku.†INERSIA: Lnformasi Dan Ekspose Hasil Riset Teknik Sipil Dan Arsitektur 16, no. 1 (2020): 92–104. https://doi.org/10.21831/inersia.v16i1.31319.
Nuryamin. “Implementasi Filsafat Perenial Dalam Pembelajaran.†Jurnal Aqidah-Ta 5, no. 1 (2019): 49–61. https://doi.org/10.24252/aqidahta.v5i1.7884.
Panggraita, Gilang Nuari, Sugiharto, and Tommy Soenyoto. “Pengaruh Latihan Hatha Yoga Dan Kapasitas Vital Paru Terhadap Penurunan Lemak Tubuh.†Journal of Physical Education and Sports 6, no. 1 (2017): 29–35. https://doi.org/10.15294/jpes. v6i1.17318.
Paramartha, Wayan, and I Wayan Suka Yasa. “Mengungkap Model Pendidikan Hindu Bali Tradisional Aguron-Guron.†Mudra 32, no. 1 (2017): 131–40. https://doi.org/10.31091/mudra.v32i1.92.
Perbowosari, Heny. “Optimalisasi Kecerdasan Spiritual Anak Melalui Yoga Asanas.†Kamaya: Jurnal Ilmu Agama 1, no. 2 (2018): 166–77. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/kamaya/ article/view/77.
Prihatsanti, Unika, Suryanto Suryanto, and Wiwin Hendriani. “Meng-gunakan Studi Kasus Sebagai Metode Ilmiah Dalam Psikologi.†Buletin Psikologi 26, no. 2 (2018): 126–36. https://doi.org/ 10.22146/buletinpsikologi.38895.
Sentana, Gek Diah Desi. “Penanaman Konsep Tri Kaya Parisudha Dalam Tradisi Mareraosan.†Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu 4, no. 2 (2017): 33–39. https://doi.org/10.25078/ gw.v4i2. 1056.
Setyaningsih. “Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu Dalam Pembentukan Karakter Anak Hindu Di Sekolah Dasar Negeri Surakarta.†Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 2, no. 2 (2019): 297–332. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ cetta/article/view/272.
Sudarsana, I Ketut. “Ajaran Satya Dan Dharma Dalam Membentuk Karakter Keluarga Hindu Di Desa Peguyangan Kangin Kota Denpasar.†JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora) 2, no. 2 (2018): 289–302. https://doi.org/10.30595/jssh.v2i2.2188.
Sukabawa, I Wayan. “Strategi Phdi Meningkatkan Sradha Dan Bhakti Umat Hindu Di Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah.†Vidya Samhita Jurnal Penelitian Agama 1, no. 2 (2015): 13–19. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/vs/article/view/82.
Sukerni, Ni Made. “Pendidikan Karakter Dalam Lontar Tutur Silakramaning Aguron-Guron.†Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu 4, no. 1 (2017): 81–90. https://doi.org/10.25078/ gw.v4i1. 391.
Sukrawati, Ni Made. “Nilai Didaktis Upacara Pacaruan Sasih Kaenem Di Pura Pasek Ngukuhin, Desa Pakraman Tonja, Kota Denpasar.†Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan 17, no. 2 (2017): 86–97. https://doi.org/10.32795/ds.v17i02.94.
Sulastra, I Nyoman. “Panca Yama Brata Sebagai Landasan Kepemim-pinan Kelihan Desa Adat Desa Pecatu Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung.†Pariksa 4, no. 2 (2020): 73–82. http:// jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/pariksa/article/view/115.
Sulhan, Muhammad. “Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi.†Visipena Journal 9, no. 1 (2018): 159–72. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i1.450.
Suradarma, Ida Bagus. “Pendidikan Agama Hindu Sebagai Landasan Pendidikan Moral Dan Etika.†Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial 3, no. 1 (2019): 16-36. https://doi.org/10.38043/jids.v3i1.1731.
Suweta, I Made. “Etika Dalam Teks Lontar Kumara Tattwa.†Maha Widya Duta 3, no. 2 (2019): 1–10. http://jurnal.stahnmpukuturan. ac.id/index.php/duta/article/ view/735.
Utama, I Wayan Budi, and Ida Bagus Suatama. “Ketika Yoga Sebagai Gaya Hidup.†Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan 18, no. 1 (2018): 16–24. https://doi.org/ 10.32795/ ds.v1i18.111.
Widana, I Gusti Ketut. Etika Sembahyang Umat Hindu. Edited by Ida Bagus Putu Eka Suadnyana. 1st ed. Denpasar: UNHI Press, 2020. http://repo.unhi.ac.id/jspui/bitstream/123456789/1260/1/Etika Sembahyang Umat Hindu.pdf.
Yogitha, Bali, R Nagarathna, Ebnezar John, and HR Nagendra. “Complimentary Effect of Yogic Sound Resonance Relaxation Technique in Patients with Common Neck Pain.†International Journal of Yoga 3, no. 18–25 (2010). https://doi.org/10.4103/ 0973-6131.66774.
Web
Dwiana, Agus. “Maha Mrtyum Jaya Mantram.†Humas Bhuana Shanti, 2019. http://www.purabhuanashanti.com/2019/07/maha-mrtyum-jaya-mantram.html.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.