Saphic Features in QS. al-Fātiḥah (Study of Tafsīr al-Khaṭīb al-Makkī Works of Abdul Hamid al-Minangkabawi)

Penulis

  • Ahmad Syah Alfarabi Syarif Hidayatullah State Islamic University , Syarif Hidayatullah State Islamic University
  • Nita Zakiah Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdatul Ulama Kotabumi Lampung Utara
  • Ainun Helty Syarif Hidayatullah State Islamic University

DOI:

https://doi.org/10.31291/jlka.v23i1.1128

Kata Kunci:

al-Fatiḥah, Abdul al-Hamid, Tafsīr al-Khaṭīb al-Makkī, tafsīr al-ṣūfi

Abstrak

TafsÄ«r al-Khaá¹­Ä«b al-MakkÄ« karya Abdul al-Hamid al-Minangkabawi seringkali dipahami sebagai tafsir yang bercorak tafsÄ«r al-fiqhi, dan tafsÄ«r al-ÄdÄbÄ« al-ijtimÄ’ī. Oleh karena itu, pemikiran Tasawuf Abdul al-Hamid al-Minangkabawi tidak banyak dieksplorasi dalam tafsir ini. Meskipun catatan biografinya menjelaskan perjuangannya mendalami ilmu tasawuf. Tujuan dalam penelitian ini untuk menguraikan corak tasawuf dalam surah al-FÄtiḥah menurut TafsÄ«r al-Khaá¹­Ä«b al-MakkÄ«. Metode penelitian ini menggunakan library research dan pendekatan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini ialah penulis menemukan beberapa ayat yang ditafsirkan dalam TafsÄ«r al-Khaá¹­Ä«b al-MakkÄ« mengenai QS. al-FÄtiḥah dengan corak sufi, yaitu pada ayat kedua ketika menafsirkan (rab Al-‘ĀlamÄ«n) dan pada kelima (IyyÄka na’budu wa iyyÄka nasta’īn). Pada kedua ayat dalam QS. al-FÄtiḥah yaitu ayat dua dan lima dalam TafsÄ«r al-Khaá¹­Ä«b al-MakkÄ« termasuk pada karakteristik penafsiran tafsÄ«r al-ṣūfi isyÄrÄ«, karena takwil ayat al-Qur'an berbeda dengan makna sebenarnya menurut petunjuk khusus yang diterima para sufi, namun dapat dilakukan kompromi antara kedua makna tersebut. Atau bisa juga disebut tasawuf amal (praktis), yaitu penafsiran ayat-ayat Al-Qur’an berdasarkan tanda-tanda implisit yang terlihat pada sufi dalam ilmu kebatinannya. 

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Books

Al-Aṣfahāni, ’Abī al-Qāsim al-Ḥusain al-Rāgib. al-Mufradāt fī garīb al-Qur’an. Beirūt: Dār al-Kutub al-’Ilmiyah, 2013.

Al-Fansuri, Abdul Ra’uf Al-Singkili. Tarjūman al-Mustafīd. Singapura: Maktabah wa Mathbu’ah Sulaiman Maraghi, 1951.

Al-Fāris, Ibn. Maqāyis al-lugah. Dār al-Fikr, 1979.

Al-Farmāwi, ‘Abd al-Hayy. al-Bidāyah fi al-tafsīr al-mawḍūʻi dirāsah manhajiyyah mawḍūʻiyyah. Kairo: Matṭbaʻah al-Ḥaḍarah al-‘Arabiyyah, 1977.

Al-Ḥamid, Al-Bilali ‘Abd. al-Mukhtaṣar al-mashun min kitāb al-tafsīr wa al-mufassirūn. Kuwait: Dar al-Dakwah, 1405.

Al-Khatib, Abdul Hamid bin Ahmad. Tafsīr al-Khaṭīb al-Makkī. Kairo: Musṭafa al-Babi al-Ḥalabi, 1947.

Al-Qadīr, Muḥammad Ibn Abī ‘Abd. Tarīkh mukhtar al-ṣiḥḥah. Beirūt: Dār al-Fikr, 1993.

Al-Qaṭṭān, Manā‘. Mabāhiṡ fī ulūmi al-Qur’an. Dār ‘Ilmi wa al-’Īmān, n.d.

Al-Ṣabūnī, Muḥammad ‘Alī. Al-Tibyān fī ulūm al-Qur’ān. Pakistan: Maktabah Al-Busyra, 2011.

Al-Żahabī, Muḥammad al-Sayyid Ḥusayn. Al-Tafsīr wa al-mufassirūn. Kairo: Maktab Wahbah, 2000.

Gusmian, Islah. Khazanah tafsir Indonesia: Dari hermeneutika hingga ideologi. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta, 2013.

Ilyas, Hamim. Studi kitab tafsir. Yogyakarta: Teras, 2004.

Kalabadzi, Abu Bakar M. Ajaran-ajaran tasawuf. Translated by Natsir Yusuf. Bandung: Pustaka, 1985.

Muḥammad Muṣtafā, Hilmī. al-Hayāh al-rūhiyah fī al-Islām. al-Ha’iah al-Ammah lit Ta’lif wan Nasyr, 1970.

Muṣtafā, Al-Galayīn. Jami’ al-durūs al-‘arabiyyah. Beirūt: Mansyurat al-Maktabah al-‘Arabiyyah, 1997.

Musṭafā, Ibāhīm, Aḥmad Al-Ziyāt, Ḥāmid Abd al-Qādir, and Muḥammad Al-Najjār. al-Muʻjam al-wasīṭ. Dār al-Daʻwah, n.d.

Mustaqim, Abdul. Aliran-aliran tafsir. Yogyakarta: Kreasi Wacana, 2005.

Noer, Kautsar Azhari. Ibn ‘Arabi: Wihdat al-wujud dalam perdebatan. Jakarta: Paramadina, 1995.

Permono, Syaichul Hadi. Ilmu tafsir Al-Qur’an. Surabaya: Bina Ilmu, 1975.

Rakhmat, Jalaluddin. Metode penelitian komunikasi dilengkapi contoh analisis statistik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.

Schimmel, Annemarie. Dimensi mistik dalam Islam. Translated by Sapardi Joko Damono. Jakarta: Pustaka Firdaus, 1986.

Shihab, M. Quriash. Rasionalitas Al-Qur’an studi kritis atas Tafsir Al-Manar. Jakarta: Lentera Hati, 2006.

Shihab, M. Quraish. Kaidah tafsir. Tangerang: Lentera Hati, 2015.

Shihab, Umar. Kontekstualitas Al-Qur’an. Vol. III. Jakarta: Pena Madani, 2005.

Subagyo, P. Joko. Metode penelitian dalam teori dan praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1999.

Sugiyono. Metode penelitian kuantitatif, kualitataif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.

Journal Articles

Abdurrahman, U. “Metodologi tafsir falsafi dan tafsir sufi.” ‘Adliya 9, no. 1 (Juni 2015): 259.

Ari, Anggi Wahyu. “Sejarah tafsir Nusantara.” JSA 3, no. 2 (Desember 2019): 123–24.

Bahary, Ansor. “Tafsir Nusantara: Studi kritis terhadap Marah Labid Nawawi al Bantani.” Ulul Albab 16, no. 2 (2015): 177.

Basit, Abdul, and Fuad Nawawi. “Epistemologi tafsir isyari.” Jurnal al-Fath 13, no. 1 (Juni 2019): 69.

Ghozali, Mahbub. “Kosmologi dalam Tafsir Al-Ibriz karya Bisri Mustafa: Relasi Tuhan, alam dan manusia.” Al-Banjari 19, no. 1 (Juni 27, 2020): 115. https://doi.org/10.18592/al-banjari.v19i1.3583.

Hafiun, Muhammad. “Zuhud dalam ajaran tasawuf.” Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam 14, no. 1 (Juni 2017): 89–90.

Hidayat, Ziaulhaq, and Achyar Zein. “Sufism and virtual piety: A narration of the millennial Murshid in North Sumatra.” Journal of Indonesian Islam 16, no. 1 (June 2022). https://doi.org/10.15642/JIIS.2022.16.1.

Junaid, Ilham. “Analisis data kualitatif dalam penelitian pariwisata.” Jurnal Kepariwisataan 10, no. 1 (Februari 2016): 60.

Khamid, Ahmad. “Interpretasi sufistik atas teks Al-Qur'an (memahami analisis Nadzari dan Isyari).” Al Irfani: Journal of Al-Qur'anic and Tafsir 1, no. 2 (Desember 2020): 52. https://doi.org/10.51700/irfani.v1i02.65.

Laksana, Andri Winjaya, Hartiwiningsih Hartiwiningsih, Hari Purwadi, and Anis Mashdurohatun. “The Sufism healing as an alternative rehabilitation for drug addicts and abusers.” Qudus International Journal of Islamic Studies (QIJIS) 11, no. 1 (2023): 152. http://dx.doi.org/10.21043/qijis.v11i1.15025.

Maula, Ni’matul, and Norma Azmi Farida. “Jejak tafsir ulama Arab asal Nusantara: Identifikasi metode penafsiran Tafsīr al-Khaṭīb al-Makkī.” The International Journal of Pegon: Islam Nusantara Civilization 8, no. 2 (Juni 2022): 54.

Muttaqin, Ahmad, Ustadi Hamsah, and Robby Habiba Abror. “Muhammadiyah, Sufism, and the quest for ‘authentic’ Islamic spirituality.” Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies 13, no. 1 (2023). https://doi.org/10.18326/ijims.v13i1.

Putra, Afriadi. “Khazanah tafsir Melayu (Studi kitab Tafsir Tarjuman Al-Mustafid karya Abd Rauf Al-Sinkili).” Jurnal Syahadah 2, no. 2 (Oktober 30, 2014): 8.

Saha, Sofyan. “Perkembangan penulisan Tafsir Al-Qur’an di Indonesia era reformasi.” Jurnal Lektur Keagamaan 13, no. 1 (Juni 19, 2015): 65. https://doi.org/10.31291/jlk.v13i1.204.

Sakni, Ahmad Soleh. “Model pendekatan tafsir dalam kajian Islam.” Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, dan Fenomena Agama 14, no. 2 (Desember 2013): 79.

Wahid, Abd. “Tafsir isyari dalam pandangan Imam Ghazali.” Jurnal Ushuluddin 16, no. 2 (Juli 2010): 24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/jush.v16i2.669.

Wijaya, Aksin, and Shofiyullah Muzammil. “Maqāṣidi tafsir uncovering and presenting Maqāṣid Ilāhī-Qur’anī into contemporary context.” Al-Jāmi‘ah: Journal of Islamic Studies 59, no. 2 (2021): 462. https://doi.org/10.14421/ajis.2021.592.

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

Saphic Features in QS. al-Fātiḥah (Study of Tafsīr al-Khaṭīb al-Makkī Works of Abdul Hamid al-Minangkabawi). (2025). Jurnal Lektur Keagamaan, 23(1), 316-341. https://doi.org/10.31291/jlka.v23i1.1128