Islam di Pesisir Utara Jawa dalam Simbol Sufistik Naskah Sejatine Manusa

Penulis

  • Bagus Purnomo , SPs UIN Syarif Hiadayatullah Jakarta, Indonesia
  • Afifah Dinar International Islamic University Malaysia image/svg+xml

DOI:

https://doi.org/10.31291/jlka.v21i1.1080

Kata Kunci:

Islam, the coast, Java, Symbol, Sufis, Sejatiné Manusa

Abstrak

Pesisir utara pulau Jawa (selanjutnya disebut pesisir) merupakan basis awal penyebaran Islam di tanah Jawa. Di pesisir, Islam hadir dan berkembang atas upaya para dai sufi yang mendakwahkan ajaran Islam dalam bingkai tasawuf. Keberhasilan dakwah Islam itu bukan tanpa celah. Dalam proses akulturasi yang terjadi secara alamiah, perjumpaan simbol-simbol sufisme Islam dengan masyarakat pesisir -yang juga kaya dengan simbol dalam sistem kebudayaannya- memunculkan berbagai wacana konseptual tentang identitas Islam di pesisir dan Jawa pada umumnya. Tulisan ini akan memaparkan identititas Islam di Jawa perspektif sejarah sosial-intelektual melalui pembacaan terhadap keberadaan simbol-simbol sufistik di pesisir dan analisis semiotik simbol-simbol sufistik dalam naskah Sejatiné Manusa (SM) yang ditemukan di desa Drajat, Lamongan, Jawa Timur. Temuan dalam studi ini pada dasarnya memperkuat kesimpulan studi-studi sebelumnya yang menyatakan bahwa Islam di Jawa bukanlah Islam Singkretik seperti konsepsi Geertz dkk, tetapi Islam yang bercorak khas, yang mengadopsi unsur lokal yang tidak bertentangan dengan ajarannya, dan terus mengalami proses transformasi dinamis menuju keberislaman yang lebih baik.

Kata kunci: Pesisir, Islam, Simbol, Sufisme

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Manuscript

Koesoema, Radѐn Danoe, Sejatiné Manusa, Lamongan. Koleksi Keluarga Sunan Drajat.

Books

Azra, Azyumardi, Historiografi. Islam Kontemporer: Wacana, Aktualitas, dan Aktor Sejarah, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2002.

____, Islam Nusantara: Jaringan Global dan Lokal, Bandung: Penerbit Mizan, 2002.

___, “Naskah. Islam Indonesia”. (Makalah disampaikan dalam mata kuliah Kritik Teks. Naskah Nusantara pada tanggal 04-Mei-2011).

___, Renaisans Islam Asia Tenggara Sejarah Wacana dan Ke-kua¬saan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2000.

Baried, Siti Baroroh, dkk., Pengantar Teori Filologi, Yogya¬karta: Badan Penelitian dan Publikasi Fakultas (BPPF) Sek¬si Filologi, Fakultas Sastra Universitas Gajah Mada, 1994.

Berger, Arthur Asa, Pengantar Semiotika Tanda-Tanda dalam Kebudayaan Kontemporer, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2010.

Departemen Agama RI, Al-Quran dan Terjemahnya, Surabaya: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, 2021.

Fathurahman, Oman, dkk., Filologi dan Islam Indonesia, Jakarta: Kementerian Agama RI, Badan Litbang dan Diklat, Puslit-bang Lektur Keagamaan, 2010.

Fathurahman, Oman, Tanbīh al-Māsyi, Menyoal Wahdatul Wu¬jud Kasus Abdurrauf Singkel di Aceh Abad 17, Bandung: Mizan, 1999.

____,“Pentingnya Memelihara, Melestarikan, danMemanfaatkan Khazanah Naskah Islam Nusantara”, dalam Jurnal Lektur Keagamaan, Vol. 1, No. 1, 2003.

___, Apresiasi dan Catatan atas Buku Martabat Tujuh: Edisi Teks dan Pemaknaan Tanda serta Simbol Karya: Mu'jizah, Jakarta: Penerbit Djambatan dan Yayasan Naskah Nusan-tara, 2005.

___, Tarekat Syatariyah di Minangkabau: Teks dan Konteks, Jakarta: Prenada Media Group, 2008.

Geertz, Clifford, Abangan, Santri, Priyayi dalam Masyarakat Jawa, Jakarta: Pustaka Jaya, 1981. terj. Aswab Mahasin.

Hadiwijono, Harun, Kebatinan Islam Abad Enambelas, Jakarta: Gunung Mulia, tt.

___, Konsepsi tentang Manusia dalam Kebatinan Jawa, Jakarta: Sinar Harapan, 1983.

Hamid, Ismail, Kesusastraan Indonesia Lama Bercorak Islam, Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1989.

Kutha Ratna, Nyoman, Teori, Metode, dan Tehnik Penelitian Sastra, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Manan, Mahmud, Transformasi Budaya Unsur-Unsur Hinduis¬me dan Islam pada Akhir Majapahit (Abad XV-XVI M) dalam Hubungannya dengan Relief Penciptaan Manusia di Candi Sukuh Karang Anyar Jawa Tengah. 2010.

Mas‘ud, Abdurrahman, Dari Haramain ke Nusantara: Jejak Intelektual Arsitek Pesantren, Jakarta: Kencana, 2006.

___, Intelektual Pesantren: Perhelatan Agama dan Tradisi, Yogyakarta: LkiS, 2004.

Mu’jizah, Iluminasi dalam Surat-Surat Melayu Abad ke-18 dan ke-19, Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia (KPG), Ecole francaise d’Extreme-Orient, Pusat Bahasa – Departe-men Pendidikan Nasional dan KITLV: 2009.

___, Martabat Tujuh Edisi Teks dan Pemaknaan Tanda serta Simbol, Jakarta; Djambatan, Yayasan Naskah Nusantara (Yanassa) dan The Ford Fondation), 2005.

Mukarrom, Ahwan, Kebatinan Islam di Jawa Timur; Studi atas Naskah Sarupane Barang ing Kitab Ingkang Kejawѐn mi-wah Suluk miwah Kitab Sarto Barqoh ing Giri Pura ton: Perspektif Sejarah Kebudayaan, Jakarta: Kemen¬terian Agama Republik Indonesia, Badan Litbang dan Diklat, Puslitbang Lektur Keagamaan, 2010.

Mustopo, Habib, Kajian Islam di Jawa Timur: Kajian Beberapa Unsur Budaya Masa Peralihan, Yogyakarta: Penerbit Jendela, 2001.

Purnomo, Bagus, Sejatine Manusa; Studi atas Makna Simbol Su-fis¬tik di Pesisir Utara Jawa, Jakarta, Omah Aksoro, 2021.

Pranowo, Bambang, Memahami Islam Jawa, Tangerang: Pustaka Alvabet, Indonesian Institute for Society Empowerment (INSEP), 2009.

Simuh, Mistik Islam Kejawѐn Radѐn Ngabehi Ronggo Warsito: Suatu Studi terhadap Serat Wirid Hidayat jati. Universitas Indonesia Press,1989.

_____, Sufisme Jawa: Transformasi Tasawuf Islam ke Mistik Jawa, Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya, 1995.

Siregar, A. Rivay, Tasawuf dari Sufisme Klasik ke Neo-Sufisme, Jakarta: Raja Grafindo Persada (edisi revisi), 1999.

Sudardi, Bani, Sastra Sufistik: Internalisasi Ajaran-Ajaran Sufi dalam Sastra Indonesia, Solo: PT Tiga Serangkai Mandiri, 2003.

Sunyoto, Agus, Wali Songo: Rekonstruksi Sejarah yang Dising-kirkan, Jakarta: Transpusaka, 2011.

Suryanegara, Ahmad Mansur, Api Sejarah, Bandung: Salama¬dani Pustaka Semesta, 2009.

Syam, Nur, Islam Pesisir, Yogyakarta: LKiS Yogyakarta, 2005.

Tim Peneliti dan Penyusun Buku Sunan Drajat, Sejarah Sunan Drajat, Surabaya: PT Bina Ilmu, 1998.

Tim Peneliti Lektur Keagamaan (LPAM) Surabaya, MIPES Indonesia, Koleksi Manuskrip Islam Pesantren di Tiga Kota dan Reproduksi Digital, Surabaya: LPAM Surabaya bekerja sama dengan The British Library, London, the Uni¬ted Kingdom, 2007, (unpublished).

Tjandrasasmita, Uka, Kajian Naskah-Naskah Klasik dan Penera-pan¬¬¬nya Bagi Kajian Sejarah Islam di Indonesia, Jakarta: Puslitbang Lektur Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Departemen Agama RI, 2006.

Woodward, Mark R., Islam Jawa: Kesalehan Normatif versus Kebatinan, trans. Hairus Salim., Yogyakarta: LKiS, 1999.

Diterbitkan

2023-06-30

Cara Mengutip

Islam di Pesisir Utara Jawa dalam Simbol Sufistik Naskah Sejatine Manusa. (2023). Jurnal Lektur Keagamaan, 21(1), 157-188. https://doi.org/10.31291/jlka.v21i1.1080