Lokalitas Seni Kaligrafi Masjid di Minangkabau, Analisis Fungsi dan Makna

Penulis

  • Siti Aisyah , Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, Indonesia
  • Lukmanul Hakim , Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, Indonesia
  • Yulniza Yulniza , Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, Indonesia
  • Mohd Rohaizat bin Abdul Wahab , Universiti Putra Malaysia, Malaysia

DOI:

https://doi.org/10.31291/jlka.v21i1.1111

Kata Kunci:

Function, Meaning, Mosque Calligraphy

Abstrak

Artikel ini membahas tentang fungsi dan makna seni kaligrafi mesjid di salah satu wilayah Minangkabau yang penerapannya merubah fungsi dan maknanya dasarnya karena kaligrafi masjid diaplikasikan sejalan dengan kondisi keagamaan dan budaya masyarakatnya. Tujuan penelitiannya untuk mengungkapkan fungsi dan makna lokaltitas dari kaligrafi masjid masyarakat di Padang Pariaman, salah satu wilayah rantau Minangkabau. Metode penelitian kualitatif dengan teknik mendapatkan data melalui observasi, interview dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa kaligrafi di masjid tidak hanya untuk memperindah masjidnya tetapi untuk membedakan rumah ibadah umat Islam dengan bangunan lain sehingga tidak mempermasalahkan kekeliruan dalam penulisannya. Selain itu juga sebagai simbol identitas keagamaan jama’ah masjidnya yang terkesan tidak ada upaya menampilkan kalimat tulisan simbol paham keagamaanya dalam bentuk yang baik dan benar. Ada juga yang dijadikan sebagai pelindung dari malapetaka, dengan cara mengutamakan penulisan kalimat tersebut pada bagian depan atau jendela utama masjidnya. Anggapan tersebut terjadi karena mereka memahami setiap huruf Arab dimaknai dengan seni kaligrafi, dan keindahan penulisan kaligrafi dinilai dari stilasi atau bentuk lekukan dari huruf Arab tersebut, sehingga bentuk kaligrafi masjidnya terbentuk fungsi dan makna yang bercorak sejalan dengan bentuk keagaamaan dan budaya masyarakatnya.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Journal Articles

Amiuza, Chairil B., Harini Subekti, and Livie Sukma Taristania. “Pendekatan Transformasi Bentuk Kaligrafi Sebagai Kon-sep Desain Pusat Pengembangan Seni Kaligrafi Islam.” Seminar Nasional Arsitektur Islam 2, no. Arsitektur Islam (2012).

Arif, Ridwan. “Sejarah Islamisasi Minangkabau: Studi Terhadap Peran Sentral Syekh Burhanuddin Ulakan.” Indonesian Journal of Islamic History and Culture 1, no. 2 (2020).

Asmara, Dedi. “Muhammadiyah Wilayah Sumatera Barat (1925-1950).” Analisis Sejarah 5, no. 1 (2016).

BU, Kamsidjo. “TERBENTUKNYA SENI LUKIS KALIGRAFI ISLAM DI INDONESIA.” Imajinasi, 2006.

Budianto, Irmayanti M. “Memahami Seni Dan Estetika.” Waca-na, Journal of the Humanities of Indonesia 9, no. 1 (2007). https://doi.org/10.17510/wjhi.v9i1.227.

Burhani, Ahmad Najib. “Untuk Islam Berkemajuan.” MAARIF 14, no. 2 (2019). https://doi.org/10.47651/mrf.v14i2.63.

Falah, Asep Miftahul, Agus Cahyana, and Deni Yana. “Fungsi Kaligrafi Arab Pada Masjid-Masjid Di Kota Bandung.” ATRAT: Jurnal Seni Rupa 4, no. 3 (2016).

Gamal Thabroni. “Estetika – Pengantar Filsafat Keindahan, Rasa Dan Selera.” 03 Maret, 2018.

Gusmian, Islah. “Kaligrafi Islam: Dari Nalar Seni Hingga Sim-bolisme Spiritual.” Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies 41, no. 1 (2018). https://doi.org/10.14421/ajis. 2003.411. 108-132.

Hasan, Nor. “Makna Dan Fungsi Tradisi Samman.” IBDA` : Jur-nal Kajian Islam Dan Budaya 15, no. 1 (2017). https:// doi.org/10.24090/ibda.v15i1.1039.

Ilhaq, Muhsin. “BENTUK DAN PENEMPATAN ORNAMEN PADA MESJID AGUNG PALEMBANG.” Ekspresi Seni 18, no. 2 (2017). https://doi.org/10.26887/ekse.v18i2.91.

Izzati, Fauziana, Yuniarti Munaf, and Dharsono SK. “Ornamen Pada Masjid Tuanku Pamansia¬ngan Nagari Koto Laweh Kabupaten Tanah Datarsumatera Barat.” Gorga: Jurnal Seni Rupa 7, no. 2 (2018). https://doi.org/10.24114/gr. v7i2.10920.

Jannah, Miftakhul, and Muhammad Nasir. “Islamisasi Nusantara Dan Proses Pembentukan Masyarakat Muslim.” Multicul-tural of Islamic Education 2, no. 1 (2018).

Kirom, Syahrul, and Alif Lukmanul Hakim. “Kaligrafi Islam Dalam Perspektif Filsafat Seni.” Refleksi: Jurnal Filsafat Dan Pemikiran Islam 20, no. 1 (2020). https://doi.org/10. 14421/ref.2020.2001-04.

M. H. Harun. “Eksistensi Seni Kaligrafi Islam Dalam Dakwah : Tantangan , Peluang Dan Harapan.” Fakulti Bahasa Dan Komunikasi, no. October (2015).

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet. XI. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018.

Nugraha, Eka Fajar, and Ashadi Ashadi. “Penerapan Konsep Arsitektur Semiotika Pada Bangunan Masjid Al – Irsyad Satya.” Journal of Architectural Design and Development 1, no. 2 (2020). https://doi.org/10.37253/jad.v1i2.844.

Nurmansyah, Gunsu, Nunung Rodliyah, and Recca Ayu Hapsari. Pengantar Antropologi: Sebuah Ikhtisar Mengenal Antro-po¬logi. Publikasi Universitas Bandar Lampung, 2019.

Pattiasina, Johan, Efilina Kisiya, Jems Sopacua, and Christofer Judy Manuputty. “The Existence Of The Wapa¬uwe Old Mosque In The Village of Kaitetu As A Trace Of The Spread Of Islam In Maluku.” Jurnal Lektur Keagamaan 20, no. 2 (2022). https://doi.org/10.31291/jlka.v20i2.1067.

Potabuga, Yodi Fitradi. “Pendekatan Antropologi Dalam Studi Islam.” TRANSFORMATIF 4, no. 1 (2020). https://doi.org/10.23971/tf.v4i1.1807.

Prayogi, Rendy. “Analisis Ornamen Pada Bangunan Masjid Al Osmani Medan.” PROPORSI : Jurnal Desain, Multimedia Dan Industri Kreatif 5, no. 2 (2020). https://doi.org/10.22303/proporsi.5.2.2020.217-226.

Rofifah, Dianah. “Kajian Jenis Khat, Media Dan Warna Kaligrafi Arab Di Masjid Keramat Desa Pulau Tengah Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 2020.

Rumi, Jalaluddin. “Kaligrafi Kontemporer: Studi Inkuiri Perkem-bangan Kaligrafi Di Makassar.” Tanra: Jurnal De¬sain Komunikasi Visual Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar 3, no. 3 (2016).

Setiadi, Yudi. “Kaligrafi Al-Quran Sebagai Ornamen Masjid (Studi Living Quran Di Masjid Nurul Imam).” HERME-NEUTIK 12, no. 1 (2019). https://doi.org/10. 21043/herme-neutik.v13i2.6404.

Sholikhah, Ika Maratus, Dian Adiarti, and Asrofin Nur Kholifah. “Local Wisdom Reflected in The Symbols in Masjid Saka Tunggal Banyumas.” IBDA` : Jurnal Kajian Islam Dan Budaya 15, no. 1 (2017). https://doi.org/10.24090/ibda. v15i1.762.

Sirojuddin, A R. “Peta Perkembangan Kaligrafi Islam Di Indonesia.” Al-Turas XX, no. 1 (2014).

Informant

Ade Setiawan, Calligrapher from West Sumatra

Abdurrahman, Community religious leaders in Padang Pariaman

Bakri, Mosque Manager at Padang Pariaman

Duski Shamad, Religious figures and lecturer UIN Imam Bonjol Padang

Erlindawati, employees of the Office of Religious Affairs (KUA) at Padang Pariaman District

Joni, Mosque Manager at Padang Pariaman

Irhash A. Shamad, Calligrapher and lecturer at UIN Imam Bonjol Padang

Khairul, community members at Padang Pariaman

Muhapril Musri, Calligrapher and lecturer UIN Imam Bonjol Padang

Riko, mosque members at Padang Pariaman

Rosda, mosque members at Padang Pariaman

Syafrizal, mosque members at Padang Pariaman

Zainal, Religious figures and lecturer at UIN Imam Bonjol Padang

Diterbitkan

2023-06-30

Cara Mengutip

Lokalitas Seni Kaligrafi Masjid di Minangkabau, Analisis Fungsi dan Makna. (2023). Jurnal Lektur Keagamaan, 21(1), 89-124. https://doi.org/10.31291/jlka.v21i1.1111